Blogger Widgets DEPHA TRALALA: Apa sih yang di pelajari di Teknik Elektro?

Apa sih yang di pelajari di Teknik Elektro?

Description: http://4.bp.blogspot.com/_4HKUHirY_2U/TIBWIk5TsUI/AAAAAAAABic/zPYi-iuOLTg/date.png26/1/2012 Devanda Arif Pratama Description: http://4.bp.blogspot.com/_4HKUHirY_2U/TUlLC68NwhI/AAAAAAAAMdE/sXyChHEGjN0/s1600/comments.pngNo comments

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook

Hey semua,, kalian lagi bingung mikirin SNMPTN ya? Udah lah ga usah bingung-bingung n “spaneng” mikirinnya, ada aku, Don Devanda. . hahaaaa! (kidding). Aku mau ngenalin tentang kuliah aku di UGM jurusan DTE (Diploma Teknik Elektro). Teknik Elektro di UGM masuk di Sekolah Vokasi lebih rincinya Vokasi Teknik UGM yang khusus mencetak lulusan dengan gelar Diploma 3.

Walaupun hanya Diploma, Teknik Elektro memiliki rating yang tinggi diantara Prodi-prodi Sekolah Vokasi yang lain. Prodi DTE ini hampir seperti DTM (Diploma Teknik Mesin) yang prioritas mahasiswanya laki-laki. Tapi di DTE masih lumayan banyak mahasiswinya. Dari semua mahasiswa dan mahasiswi yang belajar di DTE, semuanya memiliki ketrampilan yang tak boleh diragukan, karena hal itu telah terbukti ketika di OSPEK Fakultas kami berlomba berinovasi membentuk karya yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat. Contoh yang kelompokku bikin adalah Display Running Text yang mampu menampilkan tulisan berjalan dengan lampu yang berwarna-warni dan menarik. Kelompokku mendapatkan peringkat kedua dengan karya itu, kalah saing dengan Pendingin dan penangkap Signal Modem yang terbuat dari tutup panci dan kabel USB bekas. Hebat bukan!! Amazing!!

Langsung aja ya, di Teknik Elektro diajarkan tentang ilmu teknik yang terpusat di bidang kelistrikan untuk menghasilkan enginer-enginer yang berkualitas dan mampu menghasilkan aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada semester 1 sampai 3 mahasiswa DTE masih harus menjalani mata kuliah dasar, sementara pada semester 4 hingga akhir mata kuliah yang ditempuh sesuai dengan jurusan konsentrasi masinh=g-masing. Konsentrasi yang ada di Diploma Teknik Elektro yaitu :

1. Teknik Listrik

2. Teknik Elektronika

3. Teknik Komputer

4. Teknik Jaringan

5. Teknik Telekomunikasi

Pada semester 3 atau 4 biasnya mahasiswa diwajibkan mengikuti kerja praktek di suatu perusahaab dan mengadakan seminar kerja praktek untuk teman-teman di DTE.

DTE lebih banyak pada praktek daripada kuliah teori karena program DTE adalah mencetak enginer-enginer muda yang terampil dan siap kerja. Jadi temen-temen semua tak perlu khawatir tentang kelanjutan setelah lulus nanti karena ada program Ekstensi di UNDIP, ITS, ITB dan Universitas yang lain. Walaupun di UGM tidak ada program Ekstensi, lulusan dari DTE tak perlu khawatir karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang masuk ke Diploma Teknik Elektro mencari enginer-enginer berbakat yang terapmil, kreatif, inovatif, dan siap masuk ke lapangan kerja.

Saran aku, jangan panik memilih jurusan, pilih sesuai kehendak hati dan kondisi yang pas pada keluarga temen-temen. Jangan lupa lihat prospeknya, dan belajar serta berdo’a yang rajin. “Ketika kita memilih suatu jalan, apa pun yang terjadi, jangan mencoba untuk kembali karena ada hal yang indah di ujung jalan kita nanti!”

5 komentar:

  1. Handika permadani mengatakan...:

    nice post kak
    salam maba DTE UGM 2012 :)

  1. Unknown mengatakan...:

    Waaaw kebetulan saya mau nyoba masuk DTE niih tapi masalah ngga ya kalo saya dari sma?? trus itu ospek udah buat2 kaya gitu?? Oiya saya niatnya ambil DTE setelah itu ekstensi s1 fisika teknik bisa atau engga ya?

  1. Devanda Pratama mengatakan...:

    kalo masalah extensinya kurang tau ya
    ga masalah ko,, aku juga dari sma kok , , ,dan praktikumnya pasti kita bisa mengikutinya
    DTE UGM tu bagus banget . . .
    Ospek tu cuma buat seneng2 kok n persiapan sebelum kuliah sesungguhnya . . .

  1. Unknown mengatakan...:

    wah tahun ini saya pun udah diterima jadi camaba DTE

  1. Unknown mengatakan...:

    Nice blog, terima kasih...
    My blog

Posting Komentar

Translate

Total Tayangan Halaman